Anak Mulai Bosan Belajar Dari Rumah? Jangan Panik Dulu, Orang Tua Bisa Lakukan Cara

Anak Mulai Bosan Belajar Dari Rumah? Jangan Panik Dulu, Orang Tua Bisa Lakukan Cara

Ternyata itu hanya salah kaprah dan tidak tertulis pada Undang-Undang 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Mungkin anak Anda butuh waktu untuk memahami apa yang sudah dipelajarinya. Tiap anak tentu saja memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, bisa dalam hitungan hari bahkan bulan. Untuk mempelajari huruf besar dan kecil, gunakan bagan huruf dan bantu anak Anda menyalin huruf-huruf tersebut di atas kertas.

Jadi, sering-seringlah membacakan buku untuk Si Kecil ya, Bunda. Cara mengajar anak TK ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam mengenal warna-warna dan bentuk. Jadi, Mum hanya perlu menyediakan media menggambar atau alat lukis, dan bebaskan anak-anak menggambar dan melukis di kerta bergambar. Mahasiswa sedang belajar bersama melalui video callBelajar bukanlah kegiatan yang harus dilakukan sendirian. Agar belajar lebih seru, kamu bisa memanfaatkan fasilitas teknologi yang canggih seperti Zoom, Google Meet, Skype, Line, atau WhatsApp. Selain belajar menjadi asik dan tidak membosankan, kita akan mendapat ilmu tambahan yang mungkin kita enggak ngeh saat guru atau dosen menjelaskan.

Pada tulisan ini akan diuraikan bagaimana cara menghadapi anak-anak yang bosan dan tertekan dengan adanya pembelajaran daring. Ia adalah salah satu Dosen Prodi PG PAUD Undiksha yang ahli dalam bidang psikologi, Putu Rahayu Ujianti, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Rahayu mulai membahas masalah ini secara umum terlebih dahulu bahwa karena pandemi anak justru kekurangan ruang untuk bermain karena pembatasan sosial. Mau bermain di luar terlalu berisiko tertular covid-19, sehingga ruang geraknya menjadi terbatas. Ditambah lagi dengan ditutupnya sekolah, membuat kesempatan bertemu dengan teman sebaya juga jadi berkurang. Berbagai tips berikut dapat Anda praktikkan untuk membantu anak belajar mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan.

Campuran pewarna makanan dan lem basah bisa menjadi pengganti cat agar lebih ramah untuk anak. Lempengan kardus bekas pizza atau lainnya bisa digunakan sebagai kanvas untuk melukis. Jika dia tidak menarik diri dari Anda, dan Anda perlu kembali bekerja setelah beberapa menit terhubung sepenuhnya, pertimbangkan bahwa mungkin dia memerlukan sedikit waktu lagi dengan Anda. Sebagian besar waktu ketika anak-anak cengeng dan tidak dapat fokus, itu karena mereka membutuhkan waktu koneksi yang lebih dalam dengan kita. Tawarkan untuk melibatkan dia dalam pekerjaan Anda, atau beristirahat dari pekerjaan Anda dan lakukan sesuatu bersama-sama. Mungkin yang lebih penting lagi, waktu yang tidak terstruktur memberi anak kesempatan untuk menjelajahi dunia dalam dan luar mereka, yang merupakan awal kreativitas.

Ayah-Bunda, teori yang terlalu banyak akan membuat buah hati merasa bosan belajar. Misalnya, ketika Ayah-Bunda mengajari mereka perubahan bentuk dan wujud benda, minta mereka membuat sirup lalu bekukan di freezer. Atau dapat pula mengajak mereka menjemur es balok atau cokelat untuk melihatnya mencair.

Inilah yang membuat orangtua perlu mencari cara untuk mengatasi rasa bosan anak saat di rumah di masa pandemi corona. Hal ini dilakukan agar anak punya banyak kesempatan untuk mencoba kegiatan lain. Sebaliknya arahkan anak untuk mencoba kegiatan saat karantina di rumah sebagai cara untuk mengatasi anak bosan. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membuat proses belajar on-line tidak membosankan.

Dengan begitu, anak juga akan mudah untuk menangkap pesan yang ingin kita sampaikan. Yang penting adalah anak telah diberi kesempatan untuk melakukan hal yang bisa mendorong kepercayaan diri. Karena sejak dini anak sudah dilatih untuk berani bertindak sehingga berpengaruh pada rasa percaya diri anak saat besar nanti. Karena anak bisa bergembira untuk mengenal langsung lingkungan sekitar. Untuk itu, seberapa kecil pencapaian anak dalam mengaji, Bunda dapat mengapresiasi dengan memberikan pujian, atau bahkan hadiah seperti mainan untuk menumbuhkan semangat dalam belajar.

Jika sudah tau, pilihlah teknik belajar yang bisa membuat kamu nyaman saat belajar. Ada banyak teknik belajar efektif yang bisa kamu lakukan, misalnya teknik pomodoro, olahraga, dan Feynman. Akibat dampak dari pandemi Covid-19 ini, sementara tempat belajar kamu sekarang bukanlah di sekolah lagi. Sudah hampir eight bulan, kamu harus melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh atau belajar di rumah untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Bagi sekolah dan guru, Junio Smart mempermudah pengelolaan sistem belajar secara daring. Sekolah dan guru dapat memberikan informasi dan update silabus, jadwal pelajaran, tugas, kegiatan lain, dan dapat pula melakukan ujian secara daring.

Cara agar anak tidak mudah bosan

Bila ternyata ini yang terjadi, Moms atau Dads bisa mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan Moms atau Dads. Atau ketika mobil jemputan telat, ia bisa cemberut seharian bahkan tak mau sekolah. Anak-anak memang belum bisa mengontrol emosi, tapi bukan berarti orangtua membiarkan hal ini. Satu hal lagi ialah orang tua harus dapat mengawasi konten-konten belajar yang digunakan si kecil untuk memastikan ‘keamanan’ mereka dalam belajar.

Kegiatan bersih-bersih bersama anak-anak juga harus dibuat semenarik dan semenyenangkan mungkin ya. Sehingga mereka akan dengan senang hati melakukannya, dan terbiasa dengan hal ini. Seperti membersihkan kaca, merapikan kembali mainan, atau menyiram tanaman. Selain bisa menjaga stamina tubuh, menjadi aktivitas yang seru juga jika dilakukan bersama anak. Saat kesal, ambil waktu sendiri, lakukan relaksasi bantu minum air putih, tenangkan diri. , misalnya 30 menit pasangan dengan anak Anda, Anda lakukan pastime sekedar dengar lagu, dan sebaliknya dengan pasangan.

Comments are closed.