Implementasi Pendidikan Agama Di Sekolah Dan Solusinya

Implementasi Pendidikan Agama Di Sekolah Dan Solusinya

Yang mana biasanya hasilnya tidak begitu baik dan jauh berbeda dari makna naskah asli. Kesulitan lain adalah untuk bahasa Arab itu sendiri, di mana gaya bahasanya berbeda dengan dialek percakapan sehari-hari. Bagaimanapun, fleksibelitas bahasa Arab juga memberikan sumbangan yang berarti dalam proses penterjemahan. Louis Massignon mengatakan bahwa bahasa Arab sangat membantu dan menghasilkan eksplorasi pemikiran internal kaum muslimin.

Upaya transmisi lewat tulisan ini dilakukan karena pada masa itu harga kitab/buku sangat mahal, sehingga seorang murid yang berkeinginan memiliki sebuah buku/kitab maka tidak ada jalan lain kecuali ia harus menyalin dari kitab gurunya. Usaha keras ini menjadi alasan dan bukti akan adanya transmisi ilmu pengetahuan lewat tulisan. Sebagaimana telah dipaparkan di atas, bahwa Nizhamiyah mempunyai potensi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dengan memperhatikan kepada pengajaran aritmetika, seperti juga terdapat di madrasah Muntansyiriyah. Hal ini menarik untuk dikaji lebih lanjut, karena dahulu mereka tidak menyukai ilmu-ilmu seperti itu, tetapi pada gilirannya ternyata ilmu tersebut mereka butuhkan. Bahkan, ditemukan sebuah masjid dan madrasah yang telah mengajarkan ilmu pengetahuan Yunani, misalnya masjid Mustansyiriyah di Baghdad yang telah mengajarkan ilmu-ilmu murni, seperti obat-obatan, farmasi dan geometri. Membicarakan sejarah pertumbuhan ilmu-ilmu Islam dalam konteks yang sebenarnya, dapat dilihat sejak dimulainya dakwah Nabi Muhammad noticed secara resmi di Makah.Konsentrasi dakwah beliau seperti diketahui pengajaran tentang tauhid, ibadat dan akhlak.

Kemampuan mengingat, mengenali perbedaan, dan mengobservasi lingkungan semakin berkembang. Di saat ini kreativitas alamiah seorang anak meningkat, mereka sering bertanya, senang memerhatikan lingkungan, tertarik mencoba berbagai hal, dan memiliki daya khayal tinggi. Dalam menghadapi anak yang kritis sebaiknya tidak dihadapi dengan emosi. Dorongan mereka untuk mendapat pengetahuan dan belajar banyak hal baru biasanya akan hadir dalam bentuk pertanyaan “kenapa” yang tak ada habisnya. Setiap harinya, sebelum mulai beraktivitas, Ibu tentu membiasakan si Kecil untuk berdoa terlebih dulu, bukan?

Membuat mereka menggambar diagram di papan dan menunjukkan semua perhitungan atau pekerjaan mereka. Hal ini akan memungkinkan siswa untuk bekerja pada masalah langsung serta berinteraksi dengan sesama siswa dalam membahas materi saja, semua yang peserta didik aktif cenderung lebih suka. Peserta didik aktif cenderung menyimpan informasi yang lebih baik ketika mereka melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, menciptakan kondisi agar peserta didik aktif merupakan tanggung jawab seorang guru, agar dalam proses pembelajaran peserta didik bukan sebagai pendengar yang pasif, tetapi bisa berani dan mampu menyatakan dirinya sendiri dengan aktif. Cara mengajar ini dilakukan agar para siswa mampu melakukan observasi sendiri, mampu mengadakan analisis sendiri, dan mampu berpikir sendiri. Segala aktivitas peserta didik merupakan perwujudan dari dorongan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Sedangkan sistem dan materi – materi pendidikan yang akan disam­paikan diserahkan sepenuhnya kepada Nabi noticed. Mungkin penjelasan di atas merupakan bentuk ‘kegalauan’ yang mewakili kesadaran esensi pendidikan Islam yang terkubur dan telah menghilang yang perlu dibangkitkan kembali. Tentu saja untuk mengembalikan apa yang dijelaskan di atas memerlukan perubahan mindset berani dalam mengajar materi agama Islam.

Cara untuk menanggapi pertanyaan kritis dari anak

Intensitas pendidikan di rumah Arqam lebih ditingkatkan seiring semakin bertambahnya jumlahorang- orang yang bergabungyang kebanyakan mereka adalah golongan mustad’­afin secara ekonomi dan politik kekuasaan di Makah. Di atas telah dibahasdua hal yang berkaitan tentang dimensi-dimensi pendidikan, guna melihat bagaimana konsep pen­didikan sebagai pengalaman belajar.Dari studi kritis itu dapat memberikangambaran lebih luas tentangpembelajaran/pendidikan. Inti dari penelaahan itu untuk mendudukkan konsep apakah telah terjadi pendidikan sebelum kenabian Muhammad noticed. Sehingga dengan aktifitas-aktifitas Muhammad noticed tersebut bisa dimasukkan ke dalam sejarah pendidikan Islam.

Comments are closed.