Minum Kopi 1 Liter, Aman Nggak Ya Menurut Dokter?

Minum Kopi 1 Liter, Aman Nggak Ya Menurut Dokter?

Kafein merupakan salah satu senyawa dalam kopi yang juga terkandung di dalam biji, daun, dan juga buah tanaman lain. Kopi menjadi salah satu jenis tanaman dengan kandungan kafein yang sudah sangat sering dikonsumsi manusia selain teh. Kafein sendiri diklasifikasikan ke dalamdrugdan terbukti aman untuk dikonsumsi dalam dosis tertentu. Akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan, maka kafein bisa menyebabkan ketergantungan dan dalam kondisi menahun juga bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti gangguan tidur dan kanker. Dalam jangka panjang, secara konsisten minum terlalu banyak kopi bahkan dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular. Kafein disebut-sebut memiliki manfaat kesehatan pada masa lalu, tapi konsumsi berlebihan jelas memiliki risiko.

Kafein bisa berpindah dari tubuh ibu dan janin melalui plasenta. Organ tubuh bayi yang sedang dalam pasa pertumbuhan dapat terganggu akibat efek samping dari kafein tersebut. Jika manusia dewasa mampu menerima four hundred miligram kafein perhari, maka jumlah ini tidak berlaku pada perempuan hamil.

Memiliki tubuh yang ramping dan best memang menjadi idaman bagi wanita maupun pria. Tak sekadar tubuh yang ideal, namun juga diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Terkadang, dalam hal ini masih ada beberapa yang menjadikan ambisi, sehingga lupa dengan asupan protein, nutrisi dan vitamin. Apapun dilakukan untuk menguruskan badan demi memiliki bentuk yang ideal, seperti mengurangi porsi makan. Karena kesimpulan yang bertentangan dari berbagai penelitian, March of Dimes menyatakan bahwa sampai studi yang lebih konklusif dilakukan, wanita hamil harus membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 mg per hari. Hal ini dapat terjadi karena kafein merupakan stimulan yang bekerja dengan menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh.

Selain sirosis, konsumsi kopi juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker hati, perlemakan hati, serta penyakit empedu seperti radang dan batu empedu. Menurut sebuah penelitian, konsumsi kopi menurunkan risiko terkena kanker hati hingga forty persen. Dari penelitian yang sama, konsumsi kopi sebanyak tiga cangkir sehari, dapat menurunkan risiko terkena kanker hati hingga lebih dari 50 persen. Sebuah penelitian baru-baru ini mengklaim bahwa dengan minum enam cangkir kopi atau lebih per harinya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan umum dan berisiko penyakit jantung sebanyak 22%. Manfaat lainnya, tiga sampai lima cangkir sehari telah terbukti dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer hingga 20 persen dan menurunkan risiko kematian akibat kanker mulut sebesar forty nine persen.

Sebelum Moms menyadarinya, cangkir kita sudah akan jauh lebih ringan untuk kandungan kafein dan dalam batas yang sesuai untuk kehamilan. Kopi yang ibu hamil konsumsi akan masuk ke dalam aliran darah, kemudian masuk ke dalam plasenta. Selain itu, konsumsi kafein juga dapat mengganggu produksi estrogen yang bisa membuat kamu sulit hamil. Jika kamu menderita osteoporosis, sebaiknya kurangi konsumsi kopi, maksimal konsumsi 300 mg per hari. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian kamu.

Badan Kesehatan Dunia menyatakan sejauh ini kopi tidak membuat ketagihan seperti merokok ataupun obat-obatan. Kalaupun orang menjadi ketagihan, hal ini disebabkan karena nikmatnya rasa kopi. Orang yang terbiasa minum; kopi bisa saja menghentikan kebiasaan itu tanpa terganggu kesehatannya. “Tapi saya coba lagi minum kopi setengah gelas ternyata tidak sakit sama sekali di lambung. Kopi itu adalah kopi asli dari bijinya,” kata pria 39 tahun itu. Faktor agresif setiap orang berbeda-beda tergantung dengan apa yang dikonsumsi.

Berapa kopi yang dapat kita konsumsi dalam sehari

Hal ini bisa meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita sulit tidur. Untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas, setidaknya kita mengonsumsi kopi sebelum tengah hari. Padahal konsumsi gula sudah seharusnya kita batasi, karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Terlebih saat ini, di mana Agen Bola Online banyak sekali minuman bergula yang kian menjamur. Hasil riset beberapa waktu lalu, yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition merekomendasikan, enam cangkir kopi merupakan jumlah maksimal dalam satu hari. Sebelum minum kopi di pagi hari, pastikan harus minum air putih terlebib dahulu.

Comments are closed.