10 Cara Menghukum Anak Agar Mereka Memahami Kesalahannya

10 Cara Menghukum Anak Agar Mereka Memahami Kesalahannya

Sehingga pada akhirnya harga diri tersebut bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan masa depan si kecil. Selain itu, daripada melarang anak untuk melakukan ini dan itu, lebih baik orang tua menyampaikan konsekuensi dari tindakan yang dilakukan sambil terus mengawasi. “Saat dia berdiam diri itu, si kecil diminta untuk merenungi kesalahan yang dilakukannya sehingga bisa menjadi pelajaran untuknya dikemudian hari. Selama outing, orang tua tidak boleh berbicara pada anak biarkan anak merenungi sendiri kesalahannya,” ujarnya. Anak akan mematuhi orangtua jika perintah, larangan dan nasehat dari orangtua sesuai dengan perkembangan dan kemampuan berpikirnya. Oleh sebab itu orangtua perlu mempertimbangkan logika dan kemampuan bernalar anak serta permasalahan anak.

Terdengar sepele, tapi aktivitas ini sangat berdampak positif lho, Bu. Berkomunikasi dapat menambah koleksi kosakata si Kecil, menambah pengetahuan, mengajarkan cara berbicara yang benar, serta mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak. Memberikan mereka semua keinginannya dan terus-terusan mengalah pada anak bukanlah tindakan yang tepat dalam mencintai buah hati kita.

Anak-anak adalah jagonya menghindari perasaan, jadi kenakalannya bisa dipicu oleh rasa kesepian atau kesulitan dengan sesuatu hal, misalnya pelajaran di sekolah. Anak nakal, tidak bisa diam, atau suka melawan tentu bisa membuat orangtua jengkel. Terkadang saat dimarahi, ia justru tidak mendengarkan Anda sama sekali. Anda tidak akan menemukan titik terang apabila memandang semuanya dari sudut pandang orang dewasa. Parentinganakadalah untuk anak, jadi supaya bisa diterima ambil juga dari sudut pandangnya. Contoh sederhana misalnya, anak tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan ringan sebelum makan.

Zat-zat yang penting untuk perkembangan otak anak adalah yang mengandung omega-3 dan docosahexaenoic acid . Cara mendidik anak yang benar adalah dengan memberikan mainan sesuai usianya. Ini merupakan kesalahan yang sudah begitu jamak dilakukan orang tua di negeri ini.

Padahal mendengarkan dengan efektif berarti juga melibatkan semua organ non-verbal seperti kontak mata, ekspresi wajah, nada suara. Namun yang dilakukan Ibu di atas hanyalah meminta anak untuk tidak mengganggunya saat masak, dan bahwa hal yang penting bagi anak, tidaklah penting bagi Ibu. Kalimat di atas menunjukkan energi negatif dari orangtua yang ditujukan pada anak. Dengan menyebut anak egois membuat Si Kecil berpikir ada yang salah dengan dirinya. Anak-anak justru akan melihat bahwa dirinya “tidak cukup baik” dan terkesan “jahat”, padahal tidak demikian. Pada kalimat efektif di atas, orangtua mengemas semua informasi panjang lebar hanya dengan 2 kalimat dan meminta Si Kecil bersama-sama berpikir apakah rencana keduanya akan berhasil.

Tegas bukan berarti harus bersikap keras, karena dalam ketegasan masih ada kelembutan atau kasih sayang. Cobalah untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan orang tua. Dalam setiap agama terdapat aturan dan norma yang berfungsi untuk mengatur hidup manusia. Sehingga pendidikan agama yang ditanamkan sejak dini bisa memberikan pengajaran dan pengarahan pada buah hati tentang mana yang baik dan buruk. Jika sudah begitu, diharapkan kenakalannya akan mulai berkurang dan kembali menjadi anak yang membanggakan kedua orangtuanya. Ini menjadi saat yang tepat bagi orang tua untuk menstimulasi serta menanamkan nilai-nilai positif dan nilai keagamanan sebagai fondasi awal kepada anak.

Cara agar anak patuh

Bukan malah menuntut anak untuk mampu A, B, C sementara kita sebagai orangtua belum tentu mampu memberikan yang terbaik untuk perkembangan mereka. Merangkum dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud RI, ini three cara yang harus dilakukan orangtua jika anaknya susah diatur. Berbagai teori cara mendidik anak sudah Anda terapkan, namun tetap tidak digubris? Belajar dari pendiri Pesantren Yanbu’ul Quran, Kiai Arwani dalam mendidik anak-anaknya, ternyata ada amalan yang biasa dia kerjakan setiap selesai habis salat.

Seringkali para orangtua dibuat frustasi sewaktu anak-anak mereka sulit sekali dinasihati dan dilarang melakukan sesuatu hal. Saat ia menoleh dan memperhatikan Anda, jangan lupa untuk mengatakan dengan baik apa yang ingin Anda katakan. Dengan cara ini, anak akan lebih bersimpati terhadap Anda dan hasilnya ia akan patuh tanpa perlu menunjukkan tanda pembangkangan. Dalam discussion board curhat, jadilah teman yang dapat menampung segala unek-unek dan isi hati anak. Kecemburuan ini kerap dilampiaskan dengan cara menentang Seringkali para orangtua dibuat frustasi sewaktu anak-anak mereka sulit sekali dinasehati dan dilarang melakukan sesuatu hal.

Kadang-kadang perilaku yang menantang dan argumentatif muncul ketika seorang anak berusaha untuk mendapatkan kendali. Pada saat merasa lapar, lelah, atau sakit, anak sering berperilaku buruk. Kebanyakan balita dan anak-anak prasekolah tidak pandai mengomunikasikan apa yang mereka butuhkan. Akibatnya, mereka sering menggunakan perilaku mereka untuk menunjukkan kebutuhan yang belum terpenuhi.

Anda jadi sulit membedakan mana kenakalan yang regular dan mana yang membutuhkan intervensi khusus. Pakar anak Christine Carter, Ph.D., mengatakan bahwa kelakuan nakal anak disebabkan oleh dua hal, yaitu mencari pertolongan atau mencari perhatian. Dalam proses mendidik anak supaya patuh tersebut, memberikan hukuman juga bukan solusi. Daripada membuat anak patuh karena takut, akan lebih baik membuatnya patuh karena mengerti.

Comments are closed.