Berdampak Pada Psikologis, Ini Efek Buruk Kebanyakan Minum Kopi

Berdampak Pada Psikologis, Ini Efek Buruk Kebanyakan Minum Kopi

Saat kita mengalami diare, International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders menyarankan kita untuk mulai mengurangi konsumsi kafein. Oleh karena itu, kopi tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darah dan jantung. Kopi merangsang sistem saraf karena kandungan kafein di dalamnya dan kopi juga meningkatkan kinerja fisik hingga persen. Saat Anda mengalami diare, International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders menyarankan Anda untuk mulai mengurangi konsumsi kafein. Jadi, mengonsumsi lebih dari dua atau tiga gelas cangkir kopi sehari akan membuat kita terserang diare.

Kopi merupakan salah satu minuman favorit hampir semua kalangan baik itu anak muda hingga orang tua. Terbukti saat ini banyak bermunculan coffee store yang menyajikan beraneka ragam jenis kopi mulai dari kopi hitam, kopi susu hingga kopi gula aren. Banyaknyacoffee shop yang hadir, membuat kita semakin mudah untuk membeli kopi kapan pun kita mau. Masing-masing orang memiliki batas toleransi yang berbeda terhadap asupan kafein. Ada yang bisa mengonsumsi dalam takaran agak banyak, namun ada juga yang langsung terasa efeknya meskipun baru minum sedikit kopi. Anda bisa merasakan dampaknya jika mengonsumsi di luar batas rekomendasi, yaitu 400 mg per hari.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Makanan berlemak seperti jerohan, lemak daging sapi atau kambing, serta daging olahan seperti ham, smoked beef, burger, dan sejenisnya juga bisa menyebabkan asam lambung mudah naik. Sama halnya dengan gorengan, makanan yang berlemak ini juga bisa membuat sfingter esofagus melemah dan berakibat naiknya asam dari perut ke kerongkongan. [newline]Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang sering dikeluarkan banyak orang. Berikut penjelasan mengenai asam lambung dan beberapa pilihan obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit tersebut.

Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins University, minum kopi lebih dari 500 mg kafein justru dapat membuat Anda mengalami sakit kepala dan badan lemas. Selain kopi, perhatikan juga sumber kafein lainnya seperti teh, soda atau minuman berenergi. Akan tetapi, sebuah penelitian terbaru Agen PAY4D diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience membuktikan adanya bahaya kesehatan akibat konsumsi kopi yang berlebihan. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa mengkonsumsi kopi sebanyak enam cangkir atau lebih per hari dapat mengganggu kesehatan otak dan meningkatkan resiko penyakit saraf seperti demensia .

FAKTAJABAR.CO.ID – Mengkonsumsi kopi tentu saja sudah banyak dilakukan masyarakat dan rata-rata seseorang meminum kopi sebelum melakukan aktivias di pagi hari. Beberapa orang percaya bahwa kopi mampu memberikan rasa lebih baik daripada jenis minuman yang lain. Perkembangan dari kopi juga bisa dilihat bahwa penikmat kopi tidak hanya orang dewasa saja tetapi banyak juga kaum muda.

Lebih jauh lagi, efek minum kopi juga membuat mood jadi semakin baik. Sebagai contoh, jika meminum kopi terlalu banyak maka akan membuat jantung bekerja lebih kencang dan peredaran darah semakin cepat. Hanya saja jika efek kafeinnya habis, maka tubuh akan terasa sangat letih dan dapat menurunkan konsentrasi. Menjadi pengaruh yang buruk bagi kesehatan tubuh, penurunan kualitas maupun kuantitas tidur akibat insomnia. Kandungan kafein dalam kopi memiliki sifat menyerap vitamin, mineral, serta cairan dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan daya tahan tubuh kita menjadi lemah.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein aman untuk dikonsumsi dalam jumlah kecil hingga sedang. Konsumsi kafein dosis tinggi dapat memberikan rasa yang tidak nyaman hingga efek samping yang berbahaya. Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara minum kopi biar lebih nikmat juga sehat.

Efek buruk ini disebabkan karena tingginya kadar kafein di dalam kopi. Insomnia atau sulit tidur adalah salah satu masalah yang dialami banyak orang. [newline]Banyak dari mereka masih terjaga hingga larut malam, sehingga dapat menurunkan kualitas tidurnya dan bisa mengganggu aktivitas pada keesokan harinya. Minuman ini juga mengandung kafein yang bisa meningkatkan kinerja otak jika dikonsumsi tidak berlebihan. Setidaknya, kopi hanya boleh diminum satu gelas perhari dan akan lebih baik jika tanpa gula. Bahaya kopi saat dikonsumsi melebihi batasan bisa menimbulkan kesulitan tidur di malam hari.

Namun, tahukah Anda bahwa seseorang tidak boleh terlalu sering atau terlalu banyak meminum kopi? Mungkin sebagian besar orang menganggap kopi bisa meredakan stres dan mencegah ngantuk. Kopi juga mempunyai efek laksatif yang dapat memicu orang untuk BAB. Apalagi sekarang minuman kopi sangat beragam variasinya, mulai dari kopi hitam sampai kopi susu. Rasa nikmat dan memberikan rasa hangat, kopi juga dianggap sebagai pengusir rasa kantuk. Minum kopi di pagi hari atau di sela-sela kegiatan memang bisa menjadi pembangkit mood.

Comments are closed.