Duh! Anak Susah Bangun Pagi, Kenapa Ya?

Duh! Anak Susah Bangun Pagi, Kenapa Ya?

Dari banyak kasus, bayi akan bangun dengan sendirinya ketika waktunya tiba untuk menyusu atau sudah merasa lapar. Beberapa tanda awalnya adalah Si Kecil mengisap kepalan tangannya sendiri, menjulurkan lidah, atau rooting reflex di mana kepalanya menengok ke kanan-kiri mencari sesuatu. Selain itu, supaya Anda bisa cepat terlelap dan tidur Anda lebih nyenyak, hindari makanan yang mengandung stimulan seperti kafein. Alih-alih jadi cepat mengantuk, kafein justru membuat Anda terjaga. Hal ini tentu saja membantu Anda untuk memulai aktivitas pada pagi hari tersebut, alih-alih kembali tidur. Untuk membiasakan bangun lebih pagi, cobalah untuk meletakkan alarm jauh dari tempat tidur.

Menurut ibu empat anak tersebut, meskipun daya beli design bajunya tidak seramai sebelum pandemi, namun tetap ada orderan yang masuk. Bisnis.com, JAKARTA – Menjadi kreatif dan keluar dari zona nyaman adalah cara Andhita Siswandi untuk tetap meraup pendapatan di era pandemi. Meskipun situasi begitu sulit, designer baju pernikahan tersebut menyalurkan hobi memasaknya untuk dijadikan bisnis baru.

“Penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian yang emosional tampaknya berhubungan dengan masalah tidur,” tambah Martani. Siklus tidur otomatis akan berubah karena si kecil harus bangun dini hari untuk makan sahur. Supaya jam tidur malam anak tidak berkurang, maka Anda perlu mengajak anak tidur lebih awal, tepatnya setelah menunaikan salat Tarawih berjamaah. Ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan tidur bayi Anda terlebih dahulu. Biasanya selama dua bulan pertama, bayi baru lahir lebih sering menyusu hampir setiap 2 jam sekali. Jika Anda aktif menyusui kebutuhan makan akan melebihi kebutuhannya untuk tidur dan mungkin sedikit lebih jarang jika Anda menyusu dengan botol.

Bagaimanapun juga tubuh membutuhkan setidaknya 6-8 jam tidur malam. Salah satu cara untuk memulai kebiasaan bangun pagi adalah mengetahui siklus tidur tubuh. Misalnya kamu harus bangun pada pukul 6 pagi dan membutuhkan 7 jam waktu tidur, maka setidaknya kamu harus sudah tidur sebelum jam eleven malam.

Ketika puber, tubuh remaja akan mengalami perubahan hormon dan hormon melatonin yang merangsang tubuh cepat tidur juga tertunda produksinya. Ajaklah remaja untuk berolahraga secara teratur selama seminggu, namun batasi aktivitas 2 hingga three jam sebelum tidur. Hal ini akan membuat remaja memiliki waktu tidur yang baik dan tentunya mampu bangun lebih pagi.

Cara agar anak tidak susah bangun

Anak susah tidur akan menjadi masalah yang cukup menguras pikiran orang tua, bagaimana tidak? anak-anak harus cukup tidur karena sebagian besar pertumbuhan otak dan fisik terjadi pada saat tidur. Ketika tidur itulah hormon-hormon pertumbuhan berproduksi dan bekerja. Pada saat golden period, yakni 1 tahun pertama kelahiran, pertumbuhan otaknya tumbuh hingga 80 persen. Umumnya, anak akan selalu mencontoh kebiasaan orang tuanya.

Comments are closed.