Menjaga Pendidikan Dan Keceriaan Murid Tk Tak Hilang

Menjaga Pendidikan Dan Keceriaan Murid Tk Tak Hilang

Kita harus memahami dan mengerti materi yang sedang kita pelajari. Salah satu langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas adalah dengan mengurangi kegiatan di luar rumah. Memberikan pujian-pujian kecil serta menjadikan siswa yang berhasil sebagai model akan memberikan motivasi lebih bagi siswa untuk belajar. Permainan tradisional yang memiliki fenomena matematis tertentu dapat dimainkan di luar kelas jika anak-anak terlihat jenuh di kelas. Bermain Permainan Tradisional di luar kelas pada seting yang alami namun bertujuan untuk belajar suatu konsep matematika.

Buat rangkuman atau peta konsep materi tersebut yang dapat membantu kamu mengulang kembali materi tersebut di masa depan. Membantu anak membuat jadwal kegiatan bukan berarti membuatkan jadwal untuk anak, namun memberikan kesempatan anak untuk membuat jadwal mereka sendiri. Hal ini membantu anak bertanggung jawab terhadap semua rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari berjalan. Pastikan kondisi rumah senyaman mungkin bagi anak untuk belajar, seperti tidak ada suara televisi atau musik keras. Kepada orang tua untuk dapat mengawasi anaknya terutama dalam penggunaan gawai/gadget. Tetap berikan batasan waktu kepada anak dalam menggunakan gawainya.

Misal dengan berbagai aplikasi belajar online, lewat video di Youtube, atau lewat tayangan belajar di TVRI. Variasikan berbagai cara belajar tersebut agar anak tidak merasa bosan. Orang tua tentu tidak sesiap guru dalam hal mengajari anak kecil tentang berbagai pelajaran.

Ubah latar belakang tempat mereka belajar untuk menambahkan kesan rapi. Atau Moms bisa mencarikan soal-soal terkait materi pelajaran yang ia pelajari saat ini di web dan meminta anak menyelesaikannya, untuk kemudian dikoreksi dan dinilai. Jangan lupa memberi jeda istirahat agar anak tidak merasa tertekan. Hal ini muncul karena terbatasnya aktivitas yang hanya boleh dilakukan di rumah.

Dari sejumlah penyebab di atas, mana yang sekiranya dialami oleh anak. Bila persoalannya telah diketahui, orangtua bisa mengajak anak menemukan solusi untuk mengatasi persoalan itu. Nah, ada beberapa ideas yang bisa dilakukan orangtua bersama anak agar mengatasi rasa bosan belajar di rumah selama pandemik COVID-19. Meski belajar di rumah, beberapa guru memberikan tugas untuk anak didik. Peran orangtua di sini adalah mengecek untuk memastikan dan menyemangati anak dalam emngerjakan tugas.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Kegiatan belajar daring menggunakan fasilitas web atau PJJ tentunya menjadi aktivitas baru bagi anak-anak, terutama orang tua di rumah. Jangan paksa si kecil untuk terus belajar dan mengerjakan soal-soal dari pagi hingga sore hari. Ini justru membuat anak sulit fokus karena rasa lelah, bosan, hingga malas untuk belajar lagi.

Tersedia dalam berbagai format, dari kuis online, tautan kuis, file, maupun cetakan-cetakan. Untuk menciptakan cara belajar yang menyenangkan, maka Ibu juga harus mempersiapkan semua peralatan yang akan menunjang proses belajarnya. Letakkan buku dan peralatan menulis, seperti pensil, penghapus, rautan, penggaris, dan sebagainya, di dekat anak sehingga ia tidak perlu lagi bingung mencarinya.

Ini karena anjuran untuk tinggal di rumah dari physical distancing untuk menghentikan penyebaran virus. Ia memberi saran, jika sebelumnya sekolah daring dengan seluruh siswa, bisa dicoba dengan satu per satu siswa untuk memberi masukan. Refreshing yang dimaksud disini bukanlah jalan-jalan ke tempat wisata, lho, ya. Melainkan refreshing yang dilakukan tanpa harus keluar rumah, misalnya dengan meditasi atau mencoba beberapa hobi baru.

Comments are closed.