Thirteen Wilayah Jateng Zona Merah, Siapkan Mikro Lockdown!

Thirteen Wilayah Jateng Zona Merah, Siapkan Mikro Lockdown!

Kemudian, meskipun berkepadatan rendah dalam aktivitas produksi, tidak berarti kepadatan rendah pula dalam aktivitas non-produksi di pedesaan seperti di pemukiman maupun di pasar-pasar tradisional. Selain itu, tingkat pendidikan di pedesaan yang relatif rendah, membuat pemahaman masyarakat akan protokol perlindungan terhadap virus seperti mencuci tangan, bersin yang aman, bisa jadi lebih rendah daripada di perkotaan. Risiko juga diperparah dengan kondisi geografis Bola Online pedesaan yang sering cukup terpencil dan jauh dari fasilitas kesehatan yang cukup untuk menangani pasien yang terpapar Covid-19. Terakhir, migrasi musiman, seperti mudik lebaran, juga pengangguran di perkotaan sebagai dampak dari krisis, akan membuat masyarakat pedesaan cukup rentan terkena Covid-19 dari para pendatang. Kepastian pelaksanaan protokol-protokol ini tidak bisa ditawar-tawar dan memang tantangannya cukup berat dilakukan di daerah-daerah terpencil.

Pulau jawa dan sekitarnya sudah melakukan lock down wilayah selama 1 bulan

Pulau Jawa dan Bali tidak lockdown, melainkan akan diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar ketat di sejumlah wilayah.

Menurut Epidemiolog asal Griffith University Australia, Dicky Budiman, wacana tersebut bagus dan boleh saja dilakukan. Namun, wacana karantina wilayah terbatas tersebut, dianggap Dicky sudah tidak relevan untuk dilakukan saat ini. Mengingat, tingkat penyebaran virus corona yang sudah sulit dikendalikan, khususnya di Pulau Jawa. Selain penyesuaian dalam aktivitas sehari-hari, pemerintah juga melakukan penyesuaian kebijakan fiskal dan moneter. Pemerintah bersama financial institution sentral bekerjasama dalam memitigasi kondisi terburuk yang mungkin dihadapi selama pandemi ini.

Kongkritnya, dan supaya lebih ekplisit, disarankan ada dana khusus stimulus fiskal sektor pertanian. Selain itu bantuan-bantuan sosial ekstra yang dilakukan pemerintah daerah bisa juga disalurkan dengan menyelaraskan pembelian produk-produk kebutuhan pokok yang diproduksi sentra-sentra pertanian di sekitarnya. Pada tanggal 24 April ini, kasus baru sebanyak 436 pasien yang merupakan penambahan tertinggi hingga saat ini.

Dicky berpandangan, karantina terbatas di Pulau Jawa dari sisi waktunya sudah lewat. Seharusnya, kata Dicky, karantina terbatas untuk Pulau Jawa sudah dilakukan sejak Aprol 2020, lalu, ketika angka kasus konfirmasi positif masih belum terlalu tinggi. Ganjar pun mengaku belum mendapat informasi langsung dari Dedy terkait lockdown. Sejumlah lapas dan rumah tahanan di Jawa Tengah berhasil membina warga binaan untuk memproduksi Alat Pelindung Diri . Sanksi itu masker tidak hanya untuk masyarakat, namun juga untuk perusahaan. Selain itu juga diperkuat dengan kemampuan monitoring, sistem dan majemen tracing, perbaikan treatment termasuk meningkatkan fasilitas kesehatan seperti tempat tidur, ruang ICU dan tempat isolasi atau karantina.

Kedua, solusi harus bersifat integratif dengan memasukkan sektor pendukung pertanian ke dalam perlakuan khusus. Saat ini, kegiatan ini mulai terganggu dengan dibatasinya mobilitas akibat adanya kebijakan restriksi sosial . Khusus terkait sektor perkebunan, seperti kopi, diperparah oleh kondisi ekonomi world dan sifatnya yang tingkat esensialnya tidak setinggi bahan kebutuhan pokok. Sektor perkebunan juga mengalami kesulitan mencari pekerja untuk masa panen karena berkurangnya mobilitas sebagai dampak dari restriksi sosial.

Dengan terbatasnya demand karena mobilitas berkurang dan masyarakat sedang menderita ekonominya, harga akan tertekan. Pada beberapa kasus, terjadi anomali ketika harga mengalami penurunan di tingkat petani tetapi mengalami kenaikan di tingkat konsumen. Pemasaran online masih belum menjadi solusi yang merangkul sebagian besar petani di pelosok-pelosok. Survei terbatas yang dilakukan Yayasan Odesa Indonesia di pasar-pasar utama Jawa Barat menunjukkan bahwa sekitar 50% pedagang produk-produk pertanian sudah pulang kampung karena mengalami kerugian. Hanya sedikit yang masih bertahan mengandalkan keuntungan 20 ribu sampai 30 ribu rupiah per-hari. Di sisi inilah, karena situasi yang tidak regular ini, negara harus lebih memainkan peranannya dalam menghubungkan permintaan dan produksi.

Comments are closed.